Thursday, March 26, 2015

Apa itu Mechanical Keyboard?

  1 comment    









Tahukah Anda komponen yang paling awet sepanjang umur sistem PC? Jawaban mudahnya adalah sebuah keyboard. Coba Anda ingat-ingat kembali, berapa kali Anda mengganti keyboard Anda yang rusak karena faktor umur? Bukan karena kesalahan penggunaan atau bosan tentunya. Boleh dibilang keyboard adalah komponen PC yang sangat jarang sekali rusak. Maka dari itu cukup disayangkan apabila menggunakan keyboard abal-abal untuk menemani hidup PC Anda bukan?
Berbicara tentang keawetan keyboard, keyboard tertua yang saya miliki sendiri berasal dari tahun 1992, yang sampai sekarang masih menunjukan performa yang sangat mantab, dan itu adalah sebuah mechanical keyboard bermerk Wearness. Sesuai dengan judul dari artikel ini, “Kebangkitan Mechanical Keyboard”, artikel ini akan sedikit banyak membahas tentang apa itu mechanical keyboard, dimana istimewanya, dan apa sajakah jenis mechanical keyboard yang populer.

Apa itu Mechanical Keyboard?
Saya berusaha mengartikan arti dari Mechanical Keyboard dengan bahasa saya sendiri. Mechanical keyboard adalah sebuah keyboard yang pada setiap tombolnya terdapat semacam mekanisme (switch) tersendiri, berbeda dengan keyboard kebanyakan yang hanya menggunakan lembaran karet/silikon yang menutupi seluruh permukaan papan sirkuit dari keyboard, atau lebih sering dibilang rubber dome. Apabila keyboard memiliki hierarki, maka inilah hierarki tertinggi dari dunia keyboard.
Selain kegunaan utamanya untuk mengetik, mechanical keyboard pun sangat ampuh ketika digunakan untuk bermain game. Seperti yang kita ketahui, terkadang gamers suka bertindak kurang senonoh pada perkakas gaming-nya. Berita baiknya, mechanical keyboard ini diciptakan seperti tank, sangat kuat, tahan lama dan benar-benar sahabat setia untuk disiksa. :)

Rubber dome:
Segera congkel tombol dari keyboard yang Anda gunakan sekarang, apabila Anda melihat ada sebuah kubah karet, itulah rubber dome atau lebih dikenal dengan membrane. Rubber dome adalah perantara yang memisahkan antara tombol dengan papan PCB dari keyboard Anda.
Fungsi dari rubber dome ini salah satunya adalah untuk mengembalikan posisi tombol yang sudah Anda tekan agar kembali ke posisi awal dan sebagai pengaktif perintah, jadi ketika tombol pada keyboard tertekan, maka dasar dari rubber dome ini akan menyentuh papan PCB, dan apa yang Anda tekan tadi akan muncul pada layar. (Boleh dibilang sebuah mekanisme yang sama seperti yang terdapat pada tuts handphone dan tombol remote TV). Dan boleh dibilang, saat ini sebagian besar keyboard menggunakan teknologi rubber dome!
Kelebihan dari rubber dome, biaya produksinya yang sangat murah! Dan sampai sekarang (tahun 2012) rubber dome paling murah hanya seharga Rp. 30.000,- saja. Kelemahannya, karena karet atau silikon mudah getas, maka umurnya tidak akan panjang dan untuk mengetik untuk jangka waktu yang lama, akan membuat jemari cepat lelah.

Mechanical Switch:
Inilah bintang dari artikel ini, mechanical switch adalah nyawa dari mechanical keyboard, dan jenis dari mechanical switch ini cukup banyak dengan beraneka ragam karakter nya masing-masing, mulai dari Buckling Spring yang langka dengan karakter yang alot dan bersuara nyaring, sampai Cherry MX Red Switch yang empuk dan ringan ketika ditekan. Ibarat sebuah equalizer pada dunia audio, tentunya Anda akan merasakan sensasi yang berbeda ketika mendengarkan settingan rock dengan settingan jazz. Begitu pula dengan Mechanical keyboard, Anda akan merasakan sensasi yang berbeda ketika Anda mencoba antara switch yang satu dengan switch yang lainnya.

Cherry MX Switch
Walaupun ada banyak sekali mechanical switch di pasaran, switch yang paling populer adalah switch besutan Cherry, sebuah perusahaan asal Jerman yang memang cukup berpengalaman dalam bidang ini.
Cherry memberi nama switch besutannya dengan seri MX, dan memisahkan kategorinya berdasarkan warna. Mulai dari Cherry MX Black, Brown, Blue, Red dan Clear, dan seperti yang sudah dijabarkan pada beberapa paragraf diatas, masing-masing warna dari switch tersebut mewakili feel yang berbeda-beda ketika digunakan.

Setelah membahas mengenai mechanical keyboard, apakah Anda sudah siap untuk hijrah dari keyboard lama Anda? Dan untuk yang masih bingung ingin menggunakan mechanical keyboard apa dan switch apa yang akan digunakan, tunggu part ke 2 dari artikel ini nanti, kita akan membahas lebih lanjut mengenai bagaimana cara memilih switch mechanical keyboard yang paling cocok dengan selera Anda dan bagaimana feel dari masing-masing warna switch Cherry MX tersebut.
Maka dari itu, jangan simak terus Bhinneka Post, apabila ada yang ingin ditanyakan atau ingin berkomentar, feel free to ask and comment (Fajrie)

sumber: Bhinekka.com

1 comment:

  1. We thought it was a good idea to create a list of the best cheap mechanical keyboards for under $100, that way regardless of your budget you will still be able to get a great mechanical keyboard and not break the bank affordable mechanical keyboard

    ReplyDelete