Monday, March 30, 2015

Apa itu inkscape?

  No comments    

Apa Itu Inkscape.

Apa Itu Inkscape.

Selamat datang di blog Inkstutor, artikel ini merupakan artikel yang pertama di blog ini. Yaitu membahas tentang Apa Itu Inkscape ? Dari namanya “Inkscape” banyak orang yang masih kurang penjelasannya tentang inkscape dan, tidak termasuk orang pengguna linux pada komputernya, karena apa? Karena inkscape ini adalah software yang sifatnya open source /gratis dalam penggunaannya.

Pengertian Apa Itu Inkscape.

Dari pengertiannya Inkscape adalah perangkat lunak (Software) pengolah vector yang sifatnya open source (Gratis) dibawah lisensi GNU GPL (GNU General Public License)  dan tujuan utamanya menjadi perangkat pengolah grafik vector yang memenuhi standar XML, SVG dan CSS. Inkscape sama seperti software Corel Draw, Adobe Illustrator dan lainnya, berbedanya Inkscape dengan Software lainnya adalah penggunaan SVG (Scalable Vector Graphics) yang sekarang memenuhi standar XML W3C.

Sejarah Inkscape.

Inkscape dirintis pada tahun 2013 sebagai pengembangan perangkat lunak dari proyek Sodipodi. Sodipodi itu adalah pendahulu Inkscape yang di kembangkan sejak 1999 (Tetapi sudah tidak aktif lagi) didasarkan pada GILL (Gnome Illustration Application) buah karya dari Raph Levien. Pengembangan perangkat lunak itu di pandu sebuah tim yang berjumlah 4 orang beranggotakan mantan pengembangan Sodipodi (Ted Gould, Bryce Harrington, Nathan Hurst, dan MenTaLguY) yang mengenali perbedaan dari tujuan-tujuan projek itu, keterbukaan bagi kontribusi pihak ketiga, dan ketidaksetujuan teknis sebagai alasan mereka melakukan forking (pengembangan).
Dengan Inkscape, mereka berpendapat bahwa mereka dapat memfokuskan pengembangan pada penerapan standar SVG secara lengkap, tidak seperti pengembangan Sodipodi yang menekankan pada pembuatan sebuah editor grafik vektor yang umum, dengan mengorbankan implementasi SVG.

Dari tahun 2005, Inkscape telah berpartisipasi dalam Program Google Summer of Code sampai akhir 2007, sistem pelacakan bug Inkscape yang diselenggarakan di Sourceforge tetapi pada 21 November 2007 dinyatakan bahwa mereka akan memindahkannya ke Launchpad.

Prioritas utama proyek Inkscape adalah antarmuka konsistensi dan kegunaannya. Ini termasuk upaya untuk mengikuti pedoman GNOME antarmuka Manusia, aksesibilitas keyboard universal, dan kenyamannan di kanvas editing. Inkscape telah mencapai kemajuan yang signifikan dalam kegunaan sejak proyek dimulai.

Tampilan Inkscape :

Apa Itu Inkscape.


Beberapa Karya yang di hasilkan Software Inkscape bisadi lihat di sini.


Beberapa Sumber Informasi : http://id.wikipedia.org/wiki/Inkscape
Inkscape Website : http://www.inkscape.org/en/

sumber: http://inkstutor.blogspot.com/2014/01/apa-itu-inkscape.html

0 comments:

Post a Comment